Jumat, 08 Juli 2011

Telkomsel Tap-Izy, Ubah Ponsel Jadi Dompet Digital

Ilustrasi

JAKARTA - Setelah sukses menggarap layanan T-Cash beberapa tahun lalu, Telkomsel kembali mengembangkan layanan mobile wallet milik mereka. Layanan yang dikenal dengan sebutan Tap-Izy ini dapat merubah ponsel Anda menjadi dompet digital.

Teknologi yang digunakan oleh Telkomsel ini sudah dilengkapi dengan radio frequency identification (RFID) sudah umum digunakan di sejumlah negara di Amerika, Eropa, dan Asia. Sehingga ketika pengguna melakukan aktifitas berbelanja, cukup dengan menempelkannya pada mesin EDC.
Chip RFID yang disimpan pada kartu SIM dapat merekam saldo dan mendukung pertukaran data. Saat ponsel berkartu SIM RFID menyentuh EDC, mesin akan membaca data yang terdapat di dalam chip. Selanjutnya, mesin akan mencatat data transaksi pembayaran dan mengeluarkan struk.

"Saldo dana yang tersimpan di kartu GSM itu sendiri berbeda dengan pulsa yang tersedia untuk berkomunikasi. Pembayaran menggunakan Tap-Izy tidak memotong pulsa seluler di kartu SIM yang bersangkutan," terang Bambang Supriyogo, Vice President T-cash Management Telkomsel.

Kartu SIM khusus yang memiliki chip RFID itu bisa didapatkan di Grapari dan gerai Indomaret serta 7-Eleven bertanda Tap-Izy. Pengguna Telkomsel prabayar dan pascabayar bisa menukar kartu SIM mereka dengan kartu Tap-Izy namun tetap bisa menggunakan nomor seluler yang sama.

Setelah kartu diaktifkan, pengguna bisa mengisi “dompet” itu dengan nominal Rp25 ribu hingga Rp1 juta di Grapari serta Indomaret atau lewat T-Cash. Setelah kartu seluler diisi, saldo yang ada bisa digunakan untuk transaksi pembayaran di mitra-mitra Tap-Izy di Jabodetabek, dan ke depannya di seluruh Indonesia.

Selain berbelanja di minimarket, Tap-Izy juga bisa digunakan membayar tiket kereta Jabodetabek kelas ekonomi.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews